Jenis - Jenis BIOS

Sugandi Blog - BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System. Merupakan suatu software yang mengatur fungsi dasar dari perangkat keras komputer. BIOS tertanam dalam sebuah chip memory (ROM ataupun Flash Memory berbahan Comlpimentari Metal Oxide Semiconductor (CMOS) yang terdapat pada motherboard. Sebuah baterai yang biasa disebut sebagai baterai CMOS berfungsi untuk menjaga agar tanggal dan settingan lainnya yang telah kita set atau yang kita setting pada BIOS tidak hilang.



Fungsi utama BIOS adalah mengontrol hardware komputer dengan memberikan instruksi atau perintah menginsialisasi dan identifikasi perangkat sistem yang disebut dengan POST (Power On Selft Test). Perangkat sistem yang diintruksikan yaitu : RAM, CPU, Hardisk Drive, CD/DVD, VGA Card, Keyboard, dan Mouse serta Hardware pada saat booting.

Jenis – jenis BIOS sebagai berikut :

1. AMI BIOS
Image result for ami bios
https://www.pcper.com
AMI BIOS adalah BIOS yang dikembangkan oleh American Megatrend yang populer pada tahun 2002 sebagai firmware computer. Untuk masuk kedalam AMI BIOS tekan saja DEL.

2. Award BIOS
Image result for award bios
https://www.computerhope.com
AWARD BIOS adalah BIOS yang memiliki built program yang dapat dimodifikasi dasar sistem konfigurasi oleh pemakainya. Informasi disimpan di CMOS RAM yang dapat menyimpan informasi setup, bahan ketika power dimatikan. Cara menjalankannya : Tekan tombol DELETE ketika anda menghidupnya atau reboot sistem untuk masuk ke awal program setup BIOS.

3. Phoenix BIOS
Image result for phoenix bios
https://www.pcper.com
PHOENIX BIOS adalah BIOS yang mengembangkan dan mendukung perangkat sistem lunak sistem inti yang paling banyak digunakan di Indoneia baik itu komputer pribadi dan perangkat komputer lainnya. Produk PHOENIX biasa disebut dengan BIOS atau firmware yang memiliki keunggulan dalam dukungan dan mengaktifkan kompatibilitas, konektivitas, kemanan, pengelolaan berbagai komponen, dan teknologi yang digunakan dalam perangkat tersebut.

4. IBM BIOS
Image result for ibm bios
http://www.artikelsiana.com/
IBM BIOS adalah sebuah perusahaan yang memproduksi perangkat keras dan perangkat lunak. IBM (Internasional Business Machines Corporation) yang berdiri 16 juni 1911 dan beroperasi sejak 1888 yang berpusat di Armonk, New York, Amerika Serikat. IBM BIOS terdapat 3 versi yakni pada tahun 1981( April dan Oktober) dan 1982.

Pada 24 April 1981, BIOS yang hanya memiliki memory fisik hingga 544 kb yang tidak dilengkapi fitur pemindahan blok memori UMA (Upper Memory Adress) untuk beberapa kartu ekspansi seperti adapter hardisk, video, dan lain-lainnya.

19 Oktober 1981, BIOS versi kedua yang sama dengan keluaran pertama, namun diunggulkan dengan ditambahi bugfix.

27 Oktober 1982, BIOS versi ketiga yang memiliki memori fisik 640 kb yang ditambah fitur pemindahan blok memori UMA (Upper Memory Adress). BIOS versi ketiga paling banyak digunakan.

Post a Comment

5 Comments