Belajar Cisco Packet Tracer

Sugandi Blog - Cisco Packet Tracer adalah simulator alat - alat Jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran,pelatihan dan penelitian simulasi Jaringan Komputer. Program ini dibuat oleh Cisco System dan disediakan secara gratis. Tujuan utama dari Cisco Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip Jaringan Komputer.

Mengenai fungsi, apa sih sebenarnya fungsi dari packet tracer itu sendiri? Fungsi dari Packet Tracer sendiri adalah untuk merancang sebuah sistem Topologi Jaringan. Dengan menggunakan aplikasi ini kita tidak akan mengeluarkan banyak biaya dan bagusnya lagi aplikasi ini memperlihatkan fungsi dari device-device ini seperti nyata.

Ada beberapa menu utama pada Cisco Packet Tracer yang perlu kamu ketahui. Berikut ini adalah menu Pada Cisco Packet Tracer. Lihat gambar dibawah ini.
http://gogialgobi.blogspot.co.id/

Pengenalan Devices


1. Router
http://gogialgobi.blogspot.co.id/
Seperti yang kita tahu bahwa fungsi dari Router adalah untuk menghubungkan IP address yang berbeda oleh karena itu, kita bisa berkomunikasi meskipun berbeda jaringan.

2. Switch
http://gogialgobi.blogspot.co.id/
Switch adalah perangkat keras Jaringan Komputer yang berfungsi untuk menghubung komputer melalui kabel jaringan yang akan ditancapkan pada portnya. Ini akan kita pakai untuk menyambungkan banyak komputer.

3. Komputer
http://gogialgobi.blogspot.co.id/
Komputer ini akan kita gunakan untuk menyambungkan sebuah jaringan.

4. Kabel Jaringan
http://gogialgobi.blogspot.co.id/
Kabel jaringan ini digunakan untuk menghunungkan komputer dengan switch atau komputer dengan hub. Ada beberapa jenis kabel Jaringan.
  • Straight
Kabel ini digunakan untuk menghubungkan devices yang berbeda. Maksud dari menghubungkan device yang berbeda adalah seperti, PC dengan Hub, PC dengan Switch, Router dengan Hub,Router dengan Switch.
  • Cross
Sedangkan cross adalah kebalikannya. Ya, tepat sekali menghubungkan devices yang sama. Seperti, Komputer dengan Komputer, Switch dengan Hub, Switch dengan Switch dan Router dengan Router.
Itulah, Penjelasan mengenai Cisco Packet Tracer semoga bermanfaat. Jangan Lupa berkomentar jika kiranya ada yang masih belum paham mengenai apa yang saya jelaskan diatas. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments