3 Perangkat Lunak Jaringan Komputer

Sugandi Blog - Untuk membangun sebuah jaringan komputer dibutuhkan minimal 3 macam Perangkat Lunak Jaringan Komputer sebagai syarat mutlak agar bisa berjalan secara optimal dan aman yaitu:
  1. Sistem Operasi Jaringan Komputer
  2. Sistem Administrasi Jaringan
  3. Sistem keamanan Jaringan

Sistem Operasi Perangkat Lunak Jaringan Komputer

Sistem Operasi Jaringan adalah perangkat lunak  jaringan komputer yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengawasan perangkat keras jaringan. Pengawasan  dan pengelolaan  merupakan fungsi dasar perangkat lunak jaringan seperti pengelolaan,lintas data dan informasi, mengontrol file dan direktori Jaringan. Perangkat Lunak Sistem operasi jaringan komputer juga memiliki tugas menjalankan perangkat lunak administrasi Jaringan Komputer. Selain dari itu, sistem operasi jaringan berperan sebagai penanggung jawab sistem keamanan Jaringan dengan melakukan pemantauan otoritas pemakai layanan Jaringan. Oleh karena itu, sistem operasi Jaringan merupakan perangkat lunak yang sangat vital bagi Jaringan Komputer.


Macam-Macam Perangkat Lunak Sistem Operasi Jaringan Komputer

1. NETWARE 
http://www.hermanotemblon.com/
Netware, adalah sistem operasi Jaringan yang paling populer dalam tahun 1980-an dan 1990-an dan merupakan sistem operasi Jaringan dari Novell Inc. Pada pertengahan tahun 1990-an telah dibangun lebih dari sejuta jaringan berbasis Netware. Bila bandingkan dengan sistem operasi Jaringan lainnya saat itu, Netware jauh lebih friendly digunakan dan terkenal dengan “kebandelannya”. Sekali jaringan yang berbasis Netware berhasil dibangun dan dijalankan maka biasanya sangat jarang mengalami kendala teknis dalam pengoperasiannya.

2. WINDOWS
http://blog.barracudamsp.com/
Windows yang pertama kali memperkenalkan Sistem operasi jaringan adalah Windows NT (Network Technology). Sistem operasi jaringan ini dibuat dalam dua versi yaitu Windows NT Server untuk server jaringan dan Windows NT Workstation untuk komputer workstation. Setelah berkiprah selama lebih dari lima tahun Windows NT kemudian berganti versi yang lebih baik yaitu Windows 2000, juga tersedia dalam versi server dan versi Workstation. Selanjutnya, Windows 2000 juga diganti dengan Windows 200 juga dalam versi Server dan versi Workstation. Perlu diingat bahwa perangkat komputer yang berbasis Windows (95, 98, ME, XP) dapat langsung di hubungkan ke Jaringan berbasis sistem operasi Jaringan Windows (NT, 2000, 2003). Bahkan sistem operasi Windows XP dikembangkan dengan mengadopsi teknologi jaringan yang diimplementasikan pada Windows NT.

3. LINUX
https://techxplore.com
Linux adalah nama kernel atau inti dari sistem operasi yang dikembangkan oleh Linus Torvalds dan diperkenalkan pada bulan September 1991. Sekarang ini, pengembangan Linux mencakup hampir semua jenis software untuk pekerjaan sehari-hari. Sistem operasi Linux juga dikenal dengan istilah distribusi Linux  atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop  seperti GNOME,KDE dan Xfce juga memiliki paket aplikasi seperti word processing, spreadsheet, multimedia dan Internet. 

Berbeda dengan sistem operasi lain yang hanya dimiliki oleh satu atau beberapa orang atau perusahaan, Linux bisa dimiliki oleh perorangan dan organisasi atau perusahaan dari negara manapun juga. Linux adalah salah satu sistem operasi open source yang bisa diatur sesuka hati oleh pengguna, dari sistem sampai dengan aplikasi. Pengguna dapat menginstall apapun yang di butuhkan. Open Source memiliki makna yang hampir sama dengan free software, yaitu kode program tersedia atau terbuka, sehingga siapa pun dapat mempelajari, mengubah, dan menyebarkan kembali hasil perubahannya itu.

Open Source dimaksudkan antara lain untuk mengimbangi dominasi tunggal Microsoft Inc. terhadap sistem operasi PC dan sistem operasi jaringan. Walaupun demikian, semua distro Linux itu memiliki kesamaan yaitu bisa dijalankan dengan mode teks, dan dapat ditambah program grafis untuk bekerja dengan mode grafis atau GUI (Graphical User Interface). Hal ini berbeda dengan OS Windows yang hanya berfungsi penuh jika ada GUI. Yang membedakan suatu distro Linux dengan distro yang lain adalah cara instalasi dan administrasi. Misalnya, Knoppix adalah distro Linux yang dapat langsung digunakan tanpa harus dipasang di Harddisk. Sedangkan Mandrake sebelum bisa digunakan harus diinstal ke Harddisk terlebih dahulu.

Perangkat Lunak Administrasi Jaringan Komputer

Kegiatan pengelolaan dan pemeliharaan jaringan komputer adalah fungsi administrator jaringan. Pengelolaan jaringan adalah kegiatan yang terkait dengan pengoperasian jaringan sehari-hari untuk menjaga agar tetap berfungsi secara maksimal. Sedangkan pemeliharaan jaringan adalahan kegiatan yang dimaksudkan untuk menjamin ketersediaan infrastruktur jaringan untuk mendukung kelancaran operasional organisasi ataupun perusahaan.
Fungsi utama yang diperlukan dalam pengelolaan dan pemeliharaan jaringan :
  1. Pemantauan Unjuk Kerja Jaringan
  2. Penyeimbang Beban Jaringan
  3. Sistem Keamanan jaringan
Unjuk kerja jaringan tergantung pada banyak faktor, antara lain beban dan utilisasi CPU, beban dan utilisasi Memori, beban dan utilisasi harddisk, lalu lintas dalam jaringan, serta kualitas dan kecepatan media transmisi jaringan. Oleh karena itu, kemampuan perangkat lunak Administrasi Jaringan dalam memantau faktor-faktor tersebut sangatlah dibutuhkan. Fasilitas yang sebaiknya tersedia antara lain:
  1. Pemantau fault atau permasalahan perangkat keras jaringan
  2. Pemantau beban dan utilisasi CPU dan Memori
  3. Pemantau pemakaian bandwidth
  4. Pemantau lalu lintas Jaringan
Penyeimbang Beban Jaringan, Dalam jaringan yang besar, beban jaringan idealnya dapat dibagi secara merata sehingga pada semua simpul jaringan terjadi keseimbangan unjuk kerja. Berbagai teknik telah dikembangkan untuk mendistribusikan beban dari suatu jaringan sehingga keseimbangan dapat dijaga. Sudah tentu dalam pengelolaan suatu Jaringan .kemampuan perangkat lunak jaringan komputer dalam menyeimbangkan beban sangat diperlukan.

Perangkat Lunak Keamanan Jaringan Komputer

Selain pengelolaan dan pemeliharaan jaringan di atas. Tantangan yang tak kalah besar lainnya adalah sistem keamanan Jaringan Komputer. Marakanya hacking, kejahatan didunia maya lainnya dan penyusupan jaringan oleh orang-orang yang tidak berhak. Penyusupan ke dalam suatu jaringan biasanya dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai cara otentifikasi oleh Jaringan tersebut, khususnya tanda pengenal pemakai  dan password. Begitu suatu jaringan komputer terkena sasaran penyusup maka sistem-sistem jauh yang terhubung ke dalam jaringan tersebut juga akan terpapar pada bahaya para penyusup. Informasi tentang account pemakai dan kata sandi yang disalurkan atau dipakai selama terhubung ke jaringan yang telah disusupi tentu berada dalam risiko dicuri juga.

Oleh sebab itu, kemampuan perangkat lunak adminsitrasi jaringan dalam melindungi jaringan dari ancaman penyusupan sangatlah penting. Fasilitas yang sebaiknya tersedia antara lain:
  1. User Otentikasi (otentikasi pemakai jaringan)
  2. Limited Acces Pembatasan akses oleh pemakai jaringan
  3. Pendeteksian penyusup jaringan
  4. Scanning port-port yang sensitive
Informasi diatas adalah pengembangan dari blog yang ditulis oleh pemilik blog ini :

Post a Comment

25 Comments

  1. Wah Mantap gan, serasa belajar TIK di sekolah, thanks gan untuk ilmunya...

    ReplyDelete
  2. Kalo main jaringan enak pakai Linux apalagi kalo pingin belajar hack

    ReplyDelete
    Replies
    1. linux emang rajanya... tapi jangan disalah gunain gan

      Delete
  3. Wah Pelajaran TKJ ya bro. soalnya tentang jaringan - jaringan begitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, jaringan itu rumit tapi sangat penting.

      Delete
  4. Baru tau saya soal netware.. trima kasih gan. Bisa nambah ilmu saya nih...

    ReplyDelete
  5. mantap gan, klo ane support windows aja dah

    ReplyDelete
  6. izin bookmark gan.. penting banget nih buat adek gue yg baru kuliah jaringan

    ReplyDelete
  7. Yang pertama ane baru denger tuh hehe untuk no 2 dan 3 sangat familiar menurut ane hehe

    ReplyDelete
  8. Pengguna Kali mana suaranya..

    ReplyDelete
  9. itu mah os gan bukan perangkat lunak jaringan hadeeeh gimana sih wkwkwk kurang lenhkap contoh2 linux nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf gan kalo kurang lengkap... makasih buat kritikannya.

      Delete
  10. keliatan anak TIK nya nih agan hehe. nice gan

    ReplyDelete
  11. Kalau yang Netware masih awam di telinga saya gan

    ReplyDelete
  12. waow artikel yang sangat bagus bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan tentang
    jaringan terimakasih
    Software Bimbel Mudah

    ReplyDelete
  13. luar biasa sangat bagus bermanfaat buat para pembaca terimakasih
    Softawre Bel Sekolah Otomatis

    ReplyDelete